Sponsor

Selasa, Mei 24, 2011

Hukuman Bahasyim Ditambah Jadi 12 Tahun

JAKARTA, M86 - Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat hukuman terdakwa tindak pidana korupsi dan pencucian uang, Bahasyim Assifie dari sepuluh tahun penjara menjadi 12 tahun penjara.

Selain itu, terdakwa juga diharuskan membayar uang denda Rp1 miliar atau kurungan lima bulan.

Juru Bicara Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Ahmad Sobari, Selasa membenarkan putusan yang dikeluarkan pada 19 Mei 2011 itu dengan pimpinan majelis hakim banding, Jurnalis, anggota Haryanto, Sudiro, Abdurrahman Hasan, dan Hadi Widodo. "Putusannya, hukuman terhadap Bahasyim diperberat," katanya.

Sebelumnya di pengadilan tingkat pertama, Bahasyim divonis 10 tahun penjara dan Rp250 juta atau kurungan tiga bulan.

Menurutnya yang memperberat hukuman bagi Bahasyim diantaranya karena perbuatan terdakwa memberi dampak ekonomis yang besar. "Perbuatan terdakwa dapat berpengaruh pada sistem budgeting," katanya.

Serta, perbuatan terdakwa juga masuk dalam kejahatan global yang berpengaruh pada nama baik pemerintah di mata dunia internasional.

Di dalam putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, menyatakan terdakwa terbukti melanggar pasal 11 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi dan pasal 3 ayat 1 huruf a UU Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sebelumnya di dalam dakwaan, jaksa Fachrizal mengungkapkan, berdasarkan rekening koran dalam kurun waktu sejak 2004 sampai 2010, terdapat mutasi berupa pengambilan uang, pemindahbukuan, transfer atau uang ke luar sebesar Rp843,4 miliar.

Kemudian terhitung sejak sekitar pertengahan April 2010, saldo akhir pada rekening Sri Purwanti (istri Bahasyim) sebesar Rp41,7 miliar, katanya.

"Bahwa jumlah harta kekayaan terdakwa berupa uang yang ditransfer tersebut mencapai Rp932,2 miliar," kata Fachrizal.

Uang tersebut ditranfer ke rekening Sri Purwanti sebesar Rp905 miliar dan Winda Arum Hapsari (anak dari Bahasyim) sebesar Rp26,5 miliar. (red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails