Sponsor

Kamis, April 28, 2011

Facebook Masih Rentan Dengan Penipuan

JAKARTA, M86 - Facebook masih rentan dengan penipuan. Karena Facebook bisa dimanipulasi foto dan data korban. Bisa dibayangkan, bila hal itu terjadi dengan pencatutan nama anda.

Satuan Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya melihat kondisi ini sebagai kejahatan Cyber Crime. Polisi melakukan pengintaian dan penangkapan pelaku.

AY diduga Polisi sebagai salah satu penipu di jejaring sosial itu. AY mencatut nama dan foto orang lain. Tidak tanggung-tanggung, AY mencatut nama menantu dari mantan Wakapolri Komjen (purn) Yusuf Manggabarani.

Akhirnya AY, oknum PNS di Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan itu mendekam di Rutan Polda Metro Jaya. Ia ditangkap karena melakukan penipuan jual beli barang elektronik melalui Facebook, dengan mencatut nama Erwin Mahmud, anak dari Aksa Mahmud yang juga menantu dari Yusuf Manggabarani.

"Tersangka memakai foto korban, kemudian menawarkan barang, elektronik dengan harga yang sangat murah," ucap Kasat Cyber Crime, AKBP Hermawan, di Mapolda Metro Jaya.

Dalam aksinya pelaku mengunakan tiga account yang berbeda yakni Batam Cell, dimana menggunakan foto Erwin Mahmud, Sri Devi, dan Nagoya Cell, yang semuanya mengunakan foto profil palsu.

"Jadi dia menggunakan foto profil yang dikenal masyarakat, sehingga masyarakat percaya dan banyak jatuh korban," ujar Hermawan.

"Ada laporan dari korban, kemudian kita menangkap AY di Sidrap, Sulsel, pada akhir Maret. Dia memang tinggal disana. Kita masih kejar dua orang lagi yang masih buron dengan inisial S dan DK," jelas Hermawan.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 378 KUHP dan Pasal 27 tentang ITE. Jadi berhati-hatilah jika kita hendak menggunakan Facebook. Nama dan identitas rentan dipalsu orang-orang tak bertanggungjawab. (red/*jno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails