Sponsor

Kamis, Agustus 11, 2011

Lebaran, Polisi Bukan Tempat Penitipan Barang!

JAKARTA, M86 - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, menerangkan bahwa Polda Metro Jaya tidak menyediakan tempat penitipan barang berharga bagi para pemudik yang meninggalkan rumahnya pada musim mudik Lebaran 2011 kali ini. Masyarakat diimbau untuk menitipkan barang berharganya di safe deposit box yang ada di bank.

"Polisi bukan tempat penitipan barang. Sebaiknya pemudik menaruh barang berharganya di safety box yang ada di tiap bank," ujar Baharudin, Kamis (11/8), di Polda Metro Jaya.

Dia menjelaskan, peniadaan tempat penyimpanan barang di Polda Metro ini dilakukan lantaran tugas polisi yang lebih fokus pada pengamanan rumah kosong selama arus mudik terjadi. "Banyak petugas operasional yang butuh kehadiran polisi di sana," tuturnya.

Sementara itu, Polresta Bekasi Kota yang beberapa tahun belakangan menyediakan tempat penitipan barang berharga seperti emas, sepeda motor, mobil, hingga alat elektronik dipastikan tidak lagi membuka tempat penitipan barang.

"Sudah saya cek Polresta Bekasi Kota juga tidak lagi ada penitipan barang," ujar Baharudin.

Dikatakannya, peniadaan tempat penitipan barang itu dilakukan lantaran Polresta Bekasi Kota tidak lagi memiliki lahan yang cukup menampung barang titipan masyarakat.

"Kalau di sana alasannya karena lahan parkir sudah sangat sempit. Kalau ditambah dengan kendaraan titipan masyarakat, jadi tidak memungkinkan," kata Baharudin.

Menurut perhitungan Polda Metro Jaya, jumlah pemudik tahun 2011 akan meningkat rata-rata 14 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan paling tinggi ada pada pemudik sepeda motor yang diperkirakan meningkat 15 persen.

Sebelumnya, pada tahun 2010 pemudik sepeda motor mencapai 7,2 juta orang. Jumlah ini akan meningkat pada arus mudik tahun 2011 yang mencapai 8,3 juta orang. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 26-29 Agustus 2011. Pada saat itu, sejumlah rumah diperkirakan kosong dan akan menjadi sasaran empuk aksi para garong yang mencari barang berharga yang ditinggalkan. Polisi akan meningkatkan patroli di titik-titik itu dalam Operasi Ketupat 2011 pada H-7 dan H+7 Lebaran. (red/kcm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails