Sponsor

Senin, Januari 25, 2010

Keluarga Korban Perkosaan Protes Terdakwa Hanya Divonis 4 Tahun

BEKASI, MP - Tidak terima dengan putusan hakim yang menghukum terdakwa perkosaan ringan, keluarga korban teriak-teriak di ruang sidang PN Bekasi. Selain itu mereka juga mengejar terdakwa hingga ke ruang tahanan Kejari Bekasi, Senin sore.

Pertahi Banurea, 28, alias Kiki, terhukum yang oleh Ny Kasufi Esti, Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya dituntut 10 tahun 6 bulan, karena telah melanggar pasal 285 perkosaan yang ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara.

Dalam sidang yang dimpimpin Majelis Hakim pimpinan Jhon Pieter, semua bukti dan keterangan saksi di persidangan menjelaskan kalau terdakwa pada 13 Agustus 2009, sekitar pukul 22:00, telah secara sah memperkosa Wiwi Widianingsih, 26, karyawati swasta saat berada korban sendiri di rumah kontrakannya di Jl Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Hakim juga menyimpulkan kalau terdakwa terbukti secara sah, setelah memeriksa keterangan saksi, dan bukti visum serta sprei bernoda darah. ”Terdakwa dinyatakan bersalah, dijatuhi dihukum 4 tahun penjara,” ujar Jhon Pieter.

Mendengar putusan itu Wiwi Widianingsih, sontak berteriak dan menilai persidangan tidak adil. “Saya menderita seumur hidup, karena kejadian itu tetapi terdakwa hanya dihukum 4 tahun. Mana pertimbangan hakim dengan tuntutan jaksa yang minta terdakwa dihukum 10 tahun 6 bulan,” ujarnya sambil berteriak di ruang sidang.

Mendengar teriakan itu Jhon Pieter , berujar. ”Ibu tenang. Putusan ini saya dapat mempertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tidak senang dengan penjelasan itu, keluarga korban segera mengejar terdakwa yang saat itu dikawal oleh petugas keamanan ke Rutan Kejari Bekasi. ”Saya akan laporkan ke komisi yudisial, karena putusan itu aneh,” ujar Aris, kakak korban saat dihubungi Pos Kota.

Anehnya terhadap keputusan hakim itu, terdakwa banding. “Sudah dihukum ringan, tapi masih banding,” sesal Aris, yang mengaku pihaknya segera melayangkan surat itu. (red/*pk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails